Kamis, 28 Juni 2012

TWITTER STROM

Selain friendster, My space dan facebook yang udah hits duluan, sekarang baru-baru ini muncul social networking yang bikin heboh dunia, yaitu twitter.com. walaupun banyak yang menggunakan jejaring sosial ini mungkin sebagian dari kita ada yang belum tau apa sih twitter ini?
What Is TWITTER ?
Dari sebuah ide awal untuk tahu tiap perkembangan teman-temannya, Jack Dorsey, Evan Williams dan temannya Biz Stone membangun situs yang simple ini. Prototype diluncurkan bulan Maret 2006 dan diperkenalkan di public bulan Agustus 2006. Awalnya twitter dibiayai sebuah perusahaan kreatif di California, tapi karena perkembangannya sangat pesat, akhirnya twitter udah mampu berdiri sendiri pada bulan Mei 2007.
Di twitter.com, setiap penggunanya hanya bisa update status terkini sebanyak maksimal 140 karakter. Heran kan, Cuma begitu doang ternyata tapi twitter disebut-sebut sebagai situs nomor 3 di dunia setelah Facebook dan MySpace. Menurut Nielsen.com, twitter merupakan salah satu situs dengan pertumbuhan member tercepat. Twitter juga di nobatkan sebagai Breakout Of The Year oleh Webby Award tahun 2009 lalu.

So What The Big Deal?
Well, selain update status, user juga bisa following dan juga punya follower. Kamu bisa pilih siapa saja orang yang ingin kamu tahu updatenya dan siapa aja yang boleh liat updatean kamu. Memang nggak bisa dipungkiri, twitter jadi besar banget berkat “bantuan” para selebriti. Selebriti luar maupun dalam negeri banyak menggunakan twitter dibandingkan facebook karena para seleb sangat nyaman dengan apa prosedur yang ditawarkan bagi pengguna contohnya ketika para gak keberatan statusnya di follow oleh jutaan fans-nya karena mereka enggak akan kehilangan privacy atau direpotkan dengan comments. Contohnya oprah yang punya satu juta  lebih followers, sedangkan dia sendiri hanya following 13 orang saja.

Enggak cuma seleb loh ternyata, berbagai perusahaan besar, brands, organisasi, events, dll juga mempunyai account twitter dan rajin update status terkini. Kalau di Indonesia sendiri twitter memang menjadi salah satu jejaring sosial yang banyak dinikmatai para remaja sampai orang tua. Kalau kata anak remaja jangan sekarang kita harus punya account twitter kalo ingin dibilang gaul, facebook sekarang juga mulai di tinggalkan para pengguna-nya dan lebih beralih ke twitter untuk media sialnya.

PLUS DAN MINUS TWITTER
PLUS
1)      Kemudahan mengupdate kabar
2)      Nggak bakal ada yang protes kalau kita gonta-ganti status. Karena twitter dibuat untuk itu kok :D
3)      Dalam kosepnya twitter serba simple. Nggak ada kewajiban untuk memuat info berlebihan seperti biodata
4)      Dapat kabar lebih cepat tentang hal-hal yang kita suka. Misalnya produk online shop atau acara talk show yang terkini
MINUS
1)      Seperti sosial internet lainnya twitter juga bersifat adiktif
2)      Following too much celebrity bakan bikin kamu keseringan neken tombol refresh supaya gak ketinggalan update
3)      Bersosialisasi di dunia maya kadang membuat kita lupa dengan bersosialisasi dikehidipan nyata
4)      Fiturnya gak begitu variatif seperti myspace atau facebook
5)      Sometimes it seems like ‘ too much information’

Tidak ada komentar:

Posting Komentar