Jumat, 29 Juni 2012

KEBIASAAN BURUK DAN RESIKONYA


Mumpung kita ini masih muda, belajarlah sedikit untuk mengubah kebiasaan-kebiasaan buruk yang dampaknya baru kita rasakan setelah kita berumur nanti… serem yahhh tapi bisa di cek kok tulisan dibawah ini kebiasaan- kebiasaan buruk apa yang mungkin kita lakukan tanpa kita sadari. Ini kebiasaan buruk yang biasanya terjadi oleh para cewek, look at this girl ^_^

Reading In a Poor Light
Mempunyai hoby baca buku memang sangat bagus buat nambah wawasan kita. Apalagi untuk cewek karena cewek suka baca buku entah itu komik, majalah ataupun novel. Tapi ketika mama bilang “nak, jangan baca buku ditempat gelap!”, sebaiknya patuhilah, karena kebiasaan yang satu ini beresiko cukup tinggi lohh..
Risk : reading in a poor light is no healty, karena mata kamu harus bekerja ekstra keras untuk melihat text atau gambar yang ada di buku. Saat membaca banyak bagian dari mata kita yang bekerja berbarengan. Ada pupil ada pupil yang akan melebar kalu kita berada di ruangan yang gelap, lensa yang akan menebal jika ada cahaya yang datang dari dekat dan retina yang paling peka terhadap cahaya. Poor light cause eye having too much refractive power, banyangan yang masuk gak mampu focus tepat pada retina. Kondisi ini membuat gambar yang diterima sama mata kita jadi gak jelas atau blurr. Its true that you won’t go blind by reading in a poor light tapi resiko untuk memakai kaca mata jadi lebih besar. Dan yang paling parah bisa membuat bola mata kita mengalami distorasi secara permanen.

Nail Nibbling
Nail nibbling artinya mengigit kuku, kalian pasti pernah liat kan teman kita atau pun kita sendiri sering melakukan kebiasaan buruk ini. Chewing a xylitol gum might be good for your teeth, but no chewing your nails! Secara nggak sadar, kita suka gigitin kuku kita pas lagi merasa nervous atau khawatir akan sesuatu. Tapi ada juga loh orang yang memang julukan “si pengigit kuku” karena dia sering sekali mengigiti kukunya.
Risk : bitting your nails bukan Cuma bikin tangan terlihat jelek, tapi juga bisa mengganggu pertumbuhan kuku, selain merusak bentuk gigi yang kamu gunakan untuk mengigit kuku, ternyata dibalik kuku itu terdapat banyak bakteri dan salah satunya staphylococcus oureus yang dapat ,meyebabkan penyakit paronika. Yaitu suatu reaksi peradangan di lipatan kulit dan jaringan sekitar kuku. Cirri paronika akut adalah melembut dan membengkanya jaringan di sekitar kuku, dan dapat mengeluarkan nanah, kuku bertambah tebal, berubah warna dan membentuk garis punggung melintang. Kalo kamu salah satu nail bitter, inget-inget aja penyakit tersebut dan banyangin berapa banyak bakteri yang masuk kedalam tubuh kamu saat kamu mengigiti kuku.! Semoga dengan itu kamu bisa lepas dari kebiasaan nail bitter.

Late Night Snacking
Makan lama sedikit telat saja sih enggak masalah. Tapi kalo kita sering-sering dan menu yang dipilih adalah cemilan junk food itu baru bermasalah.
Risk : snacking late at night nisa menambah kalori yang ada didalam tubuh, apalagi kalo langsung tidur setelahnya. Bukan Cuma bentuk perut yang berubah dan berat badan juga naik. Tapi kandungan acid yang ada di perut juga akan bertambah dan menyebabkan gastritis atau peradangan lambung. Asam lambung yang seharusnya memebantu pencernaan, kalo berlebihan juga bisa merugikan karena sifat asamnya yang korosif akan merusak dinding lambung.

Bra All The Way
Should we wear bra 24 hours a day because it prevent us from breast sagging? Pendapat tentang itu ternyata salah loh, bra tidak boleh selama 24 jam kita pakai, kenapa? Karena dapat menimbulkan resiko-resiko yang bisa membahayakan.
Risk : setuju banget kalo payudara kita perlu disokong untuk mempertahankan keindahannya. Tapi beberapa penelitian menunjukan, bra juga punya andil dalam menimbulkan resiko kanker. Seharian memakai bra artinya memberikan tekanan pada payudara secara terus-menerus. Secara gak langsung  peredaran lymph atau getah bening jadi terhambat karena posisi payudara harus mengikuti bentuk bra. Cairan lymph pada payudara bertugas untuk membuah racun dan zat tak berguna lainnya. So, nggak ada salahya melepas bra beberapa jam saja setiap harinya girls !


Tidak ada komentar:

Posting Komentar