Jumat, 29 Juni 2012

HAIRCYCLOPEDIA


Hair is a symbol of our overall health and vitality dan merupakan mahkota bagi para wanita. Tapi tahu enggak kalo rambutmu terbuat dari salah satu zat protein yang disebut keratin? Rambut juga terbentuk oleh susunan kimiawi seperti karbon, hyndrogen, nitrogen, belerang dan oksigen.
HAIR PARTS
Bagian dalam rambut terdiri dari :
a.       Sebaceous Gland bertugas untuk memproduksi kelenjar minyak alami pada rambut. Oilnya berfungsi untuk melindungi rambut and keep it shiny.
b.      Arrector Pilli Muchle adalah kelenjar yang mendorong rambut untuk tumbuh dan muncul.
c.       Hair Follicle atau kantung rambut adalah sumber dari setiap helai rambut yang tumbuh.
d.      Hair Bulb merupakan persediaan nutrisi rambut yang letaknya mengelilingi papilla. Papilla berfungsi sebagai pembawa nutrisi dan oksigen ke dalam akar rambut. Sifatnya sangat sensitive dan papilla-lah yang berpengaruh cepat atau lambatnya pertumbuhan rambut.
What Is Your Type?
Normal Hair    :  type rambut yang gampang diatur, bercahaya dan lembut
Dry Hair          : type rambut yang kaku, ada suara bila disentuh, warnanya kusam dan ujung rambutnya bercabang.
Oily Hair         : type rambut yang cepat lengket dan lepek, biasanya rambut tumbuh lebat dan bermasalah dengan ketombe.
HAIR PROBLEM AND THE CAUSE
Masalah rambut yang sering kita alami bisa terjadi karena stress, bad nutrition, poor diet, pewarnaan rambut,bleaching, dan hair perms. Ini dia beberapa masalah rambut yang pernah kita alami dan rasakan diantaranya :

Dandruff
Diakibatkan oleh sel kulit mati dalam jumlah banyak yang ada dikulit kepala, berwarna putih dan terasa gatal. Ketombe dibedakan menjadi dua yaitu:
Ketombe kering yang biasanya terjadi pada orang berjenis rambut kering, berbentuk flakes dan mudah berjatuhan. Sedangkan ketombe basah biasanya terdapat pada greasy/oil scalp, bentuknya lebih tebal dan berdiameter besar.
Brittle Hair
Kondisi rambut yang sangat kering dan rapuh. Biasanya disebabkan oleh penggunaan styling tools yang terlalu sering seperti curling irons dan straighteners, dan kurang pemakaian conditioner.
Hair Fall
Pertumbuhan rambut yang normal adalah sekitar ½ inchi atau 1¼cm setiap bulannya atau 0.3 mm tiap harinya. But it’s normal for us to lose some hair everyday. Banyaknya rambut yang rontok tergantung pada kesehatan kulit kepala dan rambut. Normalnya, sehari kita bisa kehilangan 100 helai rambut. Tapi kalo sampai lebih dari 100 itu perlu diwaspadai. Kerontokan disebabkan oleh beberapa hal seperti : stressful life, ketombe ,styling process dan jarang melakukan perawatan rambut.
Rambut yang sehat, halus dan lembut bisa kamu dapetin kalo kamu rajin merawat rambut. Long or short hair offers many different looks and it is truly enjoyable to maka different hairstyles. Tapi satu hal yang harus selalu kamu ingat, jangan lupa untuk selalu merawatnya ya…..
Tips :
Kacang, peanut butter, alpukat dan extra virgin olive oil bagus untuk kesehatan rambut, karena mengandung vitamin E yang tinggi dan monosaturated fats. monosaturated fats ini juga bisa menurunkan kolesterol jahat lohhh.!
Selamat mencoba kawannn ^_^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar