Jumat, 08 April 2011

pengangguran

Pengangguran adalah salah satu masalah ekonomi yang dihadapi oleh setiap kalangan masyarakat yang ada didunia. khususnya Negara berkembang seperti Indonesia pengangguran adalah masalah utama yang tidak bisa diselesaikan oleh pemerintah karna terbatasnya lapangan kerja yang dibangun oleh pemerintah dan itu tidak sebanding dengan jumlah pencari kerja yang terus meningkat jumlahnya. Karna itu pengangguran menjadi masalah utama dalam masalah perekonomian, dan pengangguran dapat mempengaruhi pendapatan dalam produktivitas masyarakat sehingga dapat menimbulkan masalah sosial dan kemiskinan.   Pengangguran merupakan istilah untuk orang yang tidak bekerja sama sekali atau sedang berusaha mencari perkejaan yang layak. Disini kita akan banyak membahas mengenai pengangguran dan jenis-jenisnya serta factor penyebab pengangguran. Maka dari itu baca terus ya sampai selesai. J  
        I.            Berdasarkan penggolongannya pengangguran dibedakan menjadi beberapa jenis yaitu :
§  Pengangguran normal atau friksional
Para penaganggur disini bukan karana tidak mempunyai atau tidak mendapat pekerjaan, melainkan karna sedang berusaha mencari pekerjaan yang lebih baik. Karna adanya pengusaha yang susah dalam mencari mencari pekerja, maka pengusaha menawarkan gaji yang tinggi dan ini lah yang menjadi penyebab adanya pengangguran normal/friksional, karna mereka menginkan pekerjaan yang baru yang lebih besar gajinya atuaupun lebih sesuai dengan keahlian yang dimilikinya.

§  Pengangguran siklikal
Pengangguran ini terjadi karna adanya penurunan permintaan dalam suatu perusahaan yang mengakibatkan perusahaan mengurangi para pekerja bahkan bisa menutup perusahaanya. Kejadian seperti ini biasa kita sebut PHK didalam para pekerja dan ini menimbulkan bertambahnya pengangguran.

§  Pengangguran struktual
Pengangguran disini disebabkan oleh perubahan struktur kegiatan ekonomi. Yang meliputi beberapa factor sbb :
1.      Wujud barang baru yang lebih baik
2.      Kemajuan tekhnologi
3.      Biaya pengeluaran sudak sangat tinggi dan tidak mampu bersaing
4.      Ekspor produksi industri sangat menurun yang disebabkan karna pesaing yang lebih bagus.

§  Pengangguran tekhnologi
Pengangguran ini disebabkan karna adanya pengalihan para pekrja dengan mesin-mesin karna kemajuan pesat yang terjadi dibidang tekhnologi. Hal ini sangatlah berdampak pada pertambahan pengangguran karna dengan adanya mesin yang canggih para pekerja manusia menjadi tidak dibutuhkan sehingga timbulah pengangguran teknologi.

    II.            Jenis pengangguran berdasarkan cirinya yaitu :
§  Pengangguran terbuka
Pengangguran ini disebabkan karna adnya pertambahan lowongan pekerjaan yang lebih rendah dari pertambahan tenaga kerja. Sehingga para tenaga kerja tidak memperoleh pekerjaan. Penganagguran ini juga dapat disebabkan dari kemajuan tehnologi dan kegiatan ekonomi yang menurun, yang diakibatkan dari kemunduranperkembangan sustu industry.

§  Pengangguran tersembunyi
Pengangguran disini tercipta karna dimana pekerjaan yang semestinya bisa dilakukan dengan tenaga kerja sedikit, dilakukan oleh tenaga kerja yang banyak. Kelebihan tenaga kerja yang digunakan ini disebut pengangguran tersembunyi.

§  Pengangguran bermusim
Pengangguran lebih condong terjadi pada sektor pertanian dan perikanan. Karna pada  sektor ini para tenaga kerja mengandalkan musim, kalau pada musim hujan para petani tidak dapat bercocok taman dan para nelayan juga tidak dapat berlayar sehingga mereka tidak dapat melakukan pekerjaan dan terpaksa menganggur.

§  Setengah menganggur
Maksud dari setegah menganggur disini adalah para pekerja yang berkerja tidak dalam sepenuh waktu dan jam berkerja mereka dibawah waktu normal. Mereka hanya berkerja pada dua hari seminggu atau empat hari seminggu atau yang lebih kita kenal kerja part time. Pengangguran seperti ini digolongkan kepada setengah menganggur.

 III.            Faktor yang menyebabkan pengangguran yaitu :
1.      Kemajuan tekhnologi
2.      Ketidakstabilan kegiatan perekonomian
3.      Adanya  pekerjaan yang mengandalkan/ dipengaruhi musim
4.      Pendidikan dan keterampilan yang rendah
5.      Penerapan rasionalisasi.
Pengangguran seharusnya diatasi secepat mungkin, dan kebijakan pemerintah untuk mengatasi pengangguran didorong oleh tujuan yang bersifat ekonomi dan sosial-politik belum bisa teralokasikan dengan baik sehingga kita sebagai masyakat sebaiknya membantu pemerintah dengan menciptakan  lapangan perkerjaan yang dapat menampung para tenaga kerja. Dengan keterampilan dan daya kreativitas yang tinggi kita dapat melakukan itu semua.

Referensi :
§  Id.wikipedia.com
§  Sukirno, Sadono, pengantar ekonomi makro, 2010, Jakarta.

            

Tidak ada komentar:

Posting Komentar