Selasa, 01 Maret 2011

PERTUMBUHAN EKONOMI

Pertumbuhan ekonomi adalah suatu yang sangat diinginkan oleh suatu Negara agar dapat memperbaiki kehidupan masyarakat didalam suatu Negara tersebut. Oleh karna itu perhatian utama masyarakat dalam perekonomian dunia semua tertuju untuk menemukan cara-cara untuk mempercepat tingkat pertumbuhan ekonomi dengan mendapatkan nilai perkapita yang tinggi. Tapi sebelum itu lebih baik kita mengetahui apa sih pengertian pertumbuhan ekonomi sebenarnya.?, apa factor penyebab pertumbuhan ekonomi.? Lalu bagaimana cara meningkatkan pertumbuhan ekonomi.? Yuk kita bahas disini.. !!
Pertumbuhan ekonomi adalah suatu kondisi dimana terjadi peningkatan terhadap bruto domestic dari suatu Negara. Pertumbuhan ekonomi dikatan meningkat apabila presentase kenaikan Produk Domestik Bruto (PDB) pada periode yang lebih besar mengalami kenaikan, tapi kenaikan tersebut tidak mengikutsertakan tingkat presentase pertumbuhan penduduknya. Jadi, pertumbuhan ekonomi adalah suatu keadaan dimana terjadi kenaikan PDB tanpa memandang kenaikan dari presentase pertumbuhan penduduknya baik dalam skala kecil maupun besar.
Factor dari suatu pertumbuhan ekonomi merupakan hal yang sulit untuk dipecahakan karna berbagai masalah yang kompleks pada system perekonomian, tapi dibawah ini beberapa factoryang dipandang oleh para ahli sebagai factor yang memepengaruhi pertumbuhan ekonomi :
1.      Tanah dan kekeyaan alam
Pada umumya Negara yang memiliki tanah dan kekeyaan alam yang melimpah dapat dengan cepat mengalami pertumbuhan ekonomi asal itu semua dapat dikelola dengan baik oleh para Sumber Daya Manusianya (SDM). Contoh halnya dinegara kita ini Indonesia, Indonesia memiliki tanah dan kekeyaan alm yang melimpah bahkan tanah di Indonesia bisa dibilang sangat subur karna dapat menanam berbagai tumbuhan dan sayuran. pertumbuhan ekonomi dapat cepat terjadi apabila memiliki tanah dan kekeyaan alam yang dapat dikelola dengan SDM yang memedai, modal, tehknologi yang mendukung  dan aktivitas dari pasar yang potensial.

2.      Kualitas dan kuantitas penduduk dan juga tenaga kerja
Dengan adanya pertumbuhan penduduk sebenarnya dapat menjadi potensial dalam kegiatan produksi.  dengan pendidikan dan pelatih yang memadai akan menghasilkan sumber daya manusia yang terlatih dan terampil yang dapat menjadi promoter dalam perkembangan ekonomi. Tapi di lain hal memang tak bisa dipungkiri kalau dibalik semua itu kita akan mendapat suatu rintangan dengan adanya jumlah penggangguran yang terus meningkat, rendahnya produktivitas masyarakat dan jumlah penduduk yang terus meningkat.

3.      Kepemilikan barang modal dan penguasaan tekhnologi
Kepemilikan modal yang dimaksud disini adalah duatu barang yang dapat menghasilkan dan mendaptkan modal dari suatu aktivitas kegiatan. Contohnya pada masyarakat yang kurang maju, mereka menjadikan cangkul dan bajak sebagai kegitan bertani. Dan pada masyarakat modern, peranan modal amatlah berpengaruh untuk produktivitas, tapi itu semua juga harus dibantu dengan adanya system tekhnologi yang akan membantu peningkatan yang dihasilkan dengan kemajuan tekhnologi. Dan adapun yang dapat kita peroleh dari kemajuan tekhnologi sbb :
·         Menurunkan biaya produksi dan meningkatkan produktivitas
·         Meningkatkan barang dan jasa yang diakibatkan penemuan barang-barang baru
·         Terciptanya barang yang lebih berkualitas tanpa meningkatkan biaya produksi

4.      Sistem sosial dan sifat masyarakat
System sosial dan masyarakat memegang peran yang penting dalam pertubuhan ekonomi. Hasil identifikasi mengatakan bahwa di Negara-negara berkembang menunjukan system sosial dan masyarakat dapat menjadi  penghambat yang memperlambat dalam pertumbuhan ekonomi.dengan adanya adat istiadat yang kental dari masayarakat tradisional berupa upacara untuk kegiatan dianggap memperlambat proses pertumbuhan ekonomi.

            Antara Negara berkembang dan Negara maju memiliki perbedaan yang segnifikan, kalau Negara maju, merekan langsung berjalan menuju era yang lebih modern agar dalam segala pemerintahan dan aturannya. Oleh karna itu untuk bisa meningkatkan pertumbuhan ekonomi pada suatu Negara dapat kita lakukan dengan berbagai perbaikan-perbaikan disegalm bidang yang dianggap sangat mempengaruhi dari pertumbuhan ekonomi dan bersedia mengeluarkan berbagai macam kebiajakan untuk dapat bertumbuhnya ekonomi.

Sumber :
·         S. alam , ekonomi, jilid 2
·         Google.com





Tidak ada komentar:

Poskan Komentar