Jumat, 25 Februari 2011

sistem perekonomian

Ekonomi adalah kata yang sering sekali kita dengar dikehidupan kita dalam sehari-hari karna semua yang kita kerjakan akan mengenai dan berhubungan dengan suatu kegiatan ekonomi. Kalau yang kita tahu pengertian “ekonomi adalah ilmu yang mempelajari perilaku manusia dalam memenuhi kebutuhannya berupa barang atau jasa yang tidak terbatas yang dibatasi dengan sumber daya yang terbatas, sehingga manusia harus dihadapkan pilihan dengan skala prioritas “. Tapi  kita bahas ekonomi seperti pengertian yang diatas itu dalah teori dari suatu kegiatan yang biasa kita lakukan yang berhubungan dengan kebutuhan yang dinamakan “ekonomi”. Tapi karna saat ini kita membahas system perekonomian jadi kita harus tahu apa pengertian system ekonomi dan apa saja macam-macam beserta penjelasannya.
System perekonomian adalah system yang digunakan oleh suatu Negara untuk mengalokasikan sumber daya yang dimilikinya baik kepada individu maupun organisasi Negara tersebut. Dalam hal ini pemerintah memiliki banyak andil untuk terciptanya system perekonomian yang baik, dalam factor produksi maupun dalam kinerja dalam memenuhi suatu system perekonomian. Secara umum system perekonomian yang dianut oleh berbagai Negara ada empat kelompok yaitu :
1.      System ekonomi tradisional
Merupakan suatu system yang dianut dan diterepkan oleh masyarakat zaman dahulu yang menanamkan dan mempertahankan nilai-nilai sosial, kebudayaan, dan kebiasaan yang dilakukan oleh masyarakat setempat yang sangat berpengaruh lekat. Maka dari itu system perekonomian ini sangatlah sederhana karana dalam produksinya saja mereka hanya memproduksi untuk  mereka sendiri.
Beberapa cirri dari system ekonomi tradisional:
·         Kehidupan masyarakat yang sederhana
·         Kehidupan gotong royong dan kekeluargaan yang sangat dominan
·         Aturan yang dipakai, aturan adat istiadat, tradisi dan kebiasaan

2.      System ekonomi pasar / liberal
System ekonomi pasar merupakan siatu kegiatan dari aktivitas ekonomi yaitu produksi, distribusi atau konsumsi yang dikelola dan dimanfaatkan oleh suatu individu/ mekanisme pasar tanpa campur tangan pemerintah, jadi pelaku ekonomi yaitu produsen dan distributor bebas menjual dan membeli barang yang mereka inginkan tapi sewajarnya. Dalam buku yang berjudul The Nature and Causes of the Wealth of Nation yang di ditulis dan populerkan oleh Adam smith menyatakan bahwa “ perekonomian akan berjalan dengan baik apabila pengaturannya diserahkan pada mekanisme pasar/ mekanisme harga”.
Cirri-ciri dari system ekonomi pasar/liberal:
·         Perekonomian diatur oleh mekanisme pasar
·         Kebebasan bagi individu dalam mengusai factor-faktor produksi
·         Peran pemerintah dalam perekonomian sangat kecil sehingga tidak melakukan interverensi dalam pasar
·         Persaingan dilakukan bebas

3.      System ekonomi komando (terpusat)
System ekonomi komando merupakan system yang mengutamakan peranan pemerintah sebagai pelaku ekonomi untuk menetukan barang dan jasa apa yang akan diproduksikan dan distribusikan kepada para konsumsi. Pada system ini adanya pemerintah snagatlah berpengaruh dengan adanya proses produksi sehingga pemerintah menjadi sangat dominan dalam mengendalikan perekonomian.
Cirri-ciri dari system ekonomi komando:
·         Kebijakan perekonomian sepenuhnya diatur oleh pemerintah
·         Factor produksi dan sumberdaya dikuasai oleh pemerintah
·         Tidak ada yang bisa dengan bebas seorang individu melakukan kegiatan perekonomian dengan bebas

4.      System ekonomi campuran
System ekonomi campuran merupakan penggabungan  antara system ekonomi pasar dan system ekonomi komando. System ini menjadi penengah sebagai suatu alternative baru dengan adanya penggabungan kedua system ekonomi agar pemerintah dan individu/mekanisme pasar dapat saling berinteraksi dalam memecahkan ekonomi secara bersamaan.
Cirri-ciri system ekonomi campuran:
·         Memiliki dua peranan yang saling seimbang antara pemerintah dan individu/mekanisme pasar
·         Kepentingan umum lebih diutamakan
·         Setiap individu/mekanisme pasar memiliki hak milik atas produksi yang diakui oleh pemerintah


SUMBER :
Wikipedia
Goggle
Firmansyah, Herlan dan Ramdani, Dani, 2009, Ilmu Pengetahuan Sosial 2 : untuk Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah Kelas VIII /Semester 1 dan 2.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar