Minggu, 13 Februari 2011

ANGGI RIYATI - PENGERTIAN SOFTSKILL

PENGERTIAN SOFTSKILL
Sebenarnya apa yang dimaksud dengan softskill.? Dan apakah perbedaan antara softskill dan hardskill.? Lalu apakah dalam system perkuliahan softskill ini amatlah penting.?. mungkin pertanyaan-pertanyaan itu keluar didalam pikiran kita ketika kita mulai menduduki bangku kuliah, karna saya pun bertanya-tanya sendiri tentang itu ketika mulai duduk di bangku perkuliahan dan mendapatkan mata kuliah softskill. Dan disini saya akan menjelaskan sedikit tentang pertanyaan-pertanyaan diatas sesuian pemahaman saya.
Softskill adalah keterampilan seseorang dalam berhubungan dengan orang lain (interpersonal skill) dan keterampilan dalam mengatur dirinya sendiri yang mampu mengembangkan suatu nilai kerja/hasil secara maksimal. (Dennis E.coates, 2006). Istilah softskill memang terbilang baru menurut saya karna saya baru mengetahui istilah itu, tetapi softskill merupakan kemampuan dasar yang dapat ditumbuhkan oleh siapa saja, agar dapat memotivasi diri kita ataupun orang lain untuk mengembangkan keterampilan, membangun komunikasi, berkreasi, beradaptasi dengan lingungan sekitar, berinovasi serta menumbuhan sifat kerjasama.
Softskill dan hardskill itu saling ketergantungan, tapi sebelum kita mengetahui keterkaitan antara softskill dan hardskill sebenarnya apa sih hardskill itu.? Hard skill merupakan penguasaan ilmu pengetahuan, tekhnologi dan keterampilan yang berhubungan dengan bidang ilmunya.(Dennis E.coates, 2006). Jadi hardskill kemampuan atau keterampilan kita yang berkaitan dengan kemampuan kita dalam pengusaan materi dari ilmu pengetahuan yang dimiliki lalu softskill lah menjadi media penyempurnaan dari adanya hardskill. Karna “setiap profesi di tuntut untuk memiliki kemampuan khusus, tetapi softskill merupakan kemampuan yang harus dimiliki setiap profesi”.
Kalau menurut saya pribadi softskill amatlah dibutuhkan karna dengan adanya mata kuliah softskill saya dapat mengembangkan bahkan menggali keterampilan ataupun kemampuan  saya yang belum tentu saya ketahui dan mampu saya bisa lakukan. Jadi kemampuan dengan adanya softskill dan hardskill dapat menjadi motivasi yang besar untuk meraih dan memperluas kesuksesan dimasa depan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar