Sabtu, 07 Januari 2012

EVALUASI KEBERHASILAN KOPERASI DILIHAT DARI SISI ANGGOTA

1.     Efek-efek ekonomis koperasi
Hubungan yang penting dilakukan koperasi dalam efek ini adalah dengan para anggota yang berkedudukan sebagai pemilik sekaligus penggunanya.
Ekonomi anggota sebagai pemilik akan mempersoalkan dana (simpanan) yang telah diserahkannya, dengan memprediksikan apakah menguntungkan atau sebaliknya.sedangkan anggota sebagai pengguna akan mempersoalkan kontinuitas pengadaan kebutuhan akan barang dan jasa, untung atau tidaknya pelayanan koperasi dibandingkan penjual/pembeli diluar koperasi.
Dari pernyataan diatas pada dasarnya setiap anggota koperasi akan berpartisipasi dalam kegiatan pelayanan perusahaan koperasi apabila :
a.      Kegiatan tersebut sesuai dengan kebutuhannya
b.      Pelayanan itu di tawarkan dengan harga, mutu atau syarat-syarat yang lebih menguntungkan dibandingkan yang diperolehnya dari pihak-pihak lain diluar koperasi.

2.     Efek harga dan efek biaya
Keaktifan anggotan koperasi menentukan keberhasilan koperasi.
Sedangkan tingkat keaktifan anggota dipengaruhi oleh beberapa factor yaitu besarnya nilai manfaat pelayanan koperasi secara utilitarian maupun normative.
Motivasi utilitarian  dapat sejalan dengan kemanfaatan ekonomis. Kemanfaatan ekonomis yang dimaksud disni adalah insentif berupa pelayanan barang-jasa oleh perusahaan koperasi yang efisien, atau adanya pengurangan biaya (cost) atau juga di perolehnya harga menguntungkan serta penerimaan bagian dari keuntungan (SHU) baik srcara tunai maupun dalam bentuk barang.
Dalam hal ini sebagai partisipasi anggota memiliki beberapa dimensi-dimensi diantarannya :
·         Dimensi partisipasi berdasarkan sifatnya
·         Dimensi partisipasi berdasarkan bentuknya
·         Dimensi partisipasi berdasarkan pelaksanaanya
·         Dimensi partisipasi berdasarkan segi kepentingannya

3.     Analisi hubungan efek ekonomis denagn keberhasilan koperasi
Dalam badan usaha koperasi, laba(profit) bukanlah salah satu tujuan terpenting yang diinginkan oleh manajemen, tetapi pelayanan lah yang menjadi kepuasan tersendiri.
Ditinjau dari konsep koperasi, fungsi laba bagi koperasi tergantung pada besar kecilnya partisipasi atau transaksi yang terjadi antara anggota dengan koperasi. Karena semakin tinggi tingkata keaktifan anggota akan meningkatkan pula manfaat yang akan diterima oleh anggota.
Keberhasilan pada koperasi ditentukan oleh salah satu factor yaitu partisipasi anggota, karena partisipasi anggota sangat berhubungan erat dengan efek ekonomis koperasi.

4.     Penyajian dan analisis neraca pelayanan
Dalam hal penyajian dan analisis neraca pelayanan disebabkan oleh perubahan kebutuhan para anggota dan perubahan lingkungan koperasi, terutama tantangan kompetitif, pelayanan koperasi terhadap anggota harus secra kontinu disesuaikan
Ada dua factor utama yang mengharuskan koperasi meningkatkan pelayanan kepada anggotanya yaitu :
·         Adanya tekanan persaingan dari organisasi lain (organisasi non koperasi)
·         Perubahan kebutahan manusia sebagai akibat perubahan wakyu dan jaman. Perubahan ini akan menentukan pola kebutuhan anggota dalam mengkonsumsi produk-produk yang ditawarkan oleh koperasi.

Sumber :
http://ocw.gunadarma.ac.id
google.com


Tidak ada komentar:

Posting Komentar