Minggu, 25 Maret 2012

BATIK









Batik,!!! emmm cukup menarik ya kalau kita membahas tentang batik, karena batik sempat jadi kontroversi terkait batik diakui sebagai kebudayaan dari Negara tetengga kita, tetapi kita dapat sisi positif akibat kontroversi tersebut, batik kini menjadi suatu yang sangat dijaga dan di akui di Negara kita tercinta ini. Pada saat ada hari perayaan besar atau pada saat hari penting batik tak lupa untuk dikenakan dan batik pun sekarang tidak hanya untuk kalangan orang tua anak muda pun dapat memakai batik, karena batik saat ini dimodifikasi sedemikan rupa mengikuti zaman pada saat ini, sehingga batik tidak lagi indentik tua atau lawas, batik sekarang hadir dengan berbagai macam corak dengan perpaduan warna yang cerah dan cantik. Bangga lah kita sebagai warga Negara Indonesia karena kita memilki banyak kebudayaan yang alami yang indah salah satu di antaranya adalah batik. ^_^
Disini saya hanya ingin berbagi kepada para pembaca tentang Kain Batik, walaupun informasi yang saya dapatkan mungkin sudah banyak diketahui, tapi saya ingin mengingatkan kembali mungkin ada lupa dan mungkin belom mengetahui ini.
Pada kain batik tradisional terdapat bermacam-macam motif hewan, tumbuhan, benda alam dan bentuk-bentuk ilmu ukur.motif-motif tersebut kebanyakan berbentuk tetap dan mempunyai makna yang jelas. Contohnya, motif hias burung merak yang terdapat pada kain prada merupakan lambang kendaraan dewa perang. Symbol rupa pada kain batik kebanyakan tidak dimaknai secara lepas. Beberapa macam unsure rupa yang terdapat pada kain batik, baik garis, titik, bidang maupun warna membentuk warna tertentu.
Jenis batik sendiri memiliki dua cirri, yaitu :
·         Batik Tulis yaitu mtif batik dibentuk dengan tangan
·         Batik cap yaitu motif batik dibentuk dengan cap yang dibuat dari bahan tembaga
Macam-macam corak pada batik :
1.      Parang Kusuma
Kusuma diartikan seperti bunga. Kain parang kusuma banyak dipakai oleh para remeja karena di anggap sebagai bunga yang mekar dam memberikan harum sehingga diharapkan pemakai parang kusuma agar dapat berbakti sehingga namanya akan harum mewangi.
2.      Sidomukti
Kain batik sidomukti ini biasanya dikenakan oleh sepasang pengantin.corak sidomukti mengandung arti agar kedua mempelai dapat hidup berbahagia.
3.      Trunthum
Kain batik trunthum biasanya dipakai oleh orang tua dari para pengantin. Maksudnya, kedua orang tua berharap agar kedua mempelai dapat hidup rukun dan bahagia.
4.      Parang Klithik
Kain ini sangat digemari oleh para remaja. Yang biasa dikenakan apabila ada suatu acara seperti pesta perkawinan, biasanya para anak-anak muda berseragam memakai kain parang klithik ini. Corak ini memilki arti dari lambang cita-cita luhur,langakh lurus ke arah cita-cita luhur, sesuai dengan corak batiknya.
5.      Sidoluhur
Motif kain ini hampir menyerupai kain sidomukti, tetapi yang mebedakannya hanya corak kotak-kotaknya yang lebih kecil. Maksudnya adalah agar si pemakai luhur budi pekertinya, berpangkat tinggi namun tetap sopan.


 Sumber :
Barmin-Eko wijino, seni budaya dan keterampilan, tiga serangkai.
Gambar-google

1 komentar: